29 Agustus 2010

komunikasi matematika (1)

Hm, menyusun skripsi terkait kemampuan komunikasi matematika membuat saya banyak membaca buku dan artikel mengenai komunikasi matematika. Wkwkw... :)) ya iya laah... Jadi, saya ingin sedikit berbagi tentang komunikasi matematika ini.

NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) menetapkan communication sebagai salah satu standar proses pembelajaran matematika di sekolah. Ada lima standar proses pembelajaran matematika yg ditetapkan oleh NCTM, sebenarnya, yakni Problem Solving; Reasoning and Proof; Communication; Connections; dan Representation. Mengenai communication, di Indonesia lebih dikenal sebagai komunikasi matematika.

Lebih lanjut dijelaskan oleh NCTM (dalam Introduction to Communication, Susan O'Connell, 2005, halaman xvi) bahwa program pengajaran matematika, mulai dari playgroup sampai tingkat/kelas 12 hendaknya memampukan siswa untuk:
  • meng-organisasikan dan mengkonsolidasikan pemikiran matematika mereka melalui komunikasi
  • mengkomunikasikan pemikiran matematika mereka secara koheren dan jelas kepada teman sebaya, guru, ataupun yang lainnya
  • menganalisa dan mengevaluasi pemikiran dan strategi matematika yang diutarakan oleh orang lain
  • menggunakan bahasa matematika untuk mengungkapkan ide-ide matematika secara tepat.
Secara umum, bisa dikatakan bahwa pembelajaran matematika hendaknya dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Kemudian, apa sebenarnya pengertian komunikasi matematika itu sendiri?

Hmm,
Komunikasi matematika merupakan bentuk khusus dari komunikasi, yakni segala bentuk komunikasi yang dilakukan dalam rangka mengungkapkan ide-ide matematika. Itu menurut saya pribadi sebenarnya, atau, kita akan bisa mengungkapkan pengertian komunikasi matematika dengan melihat aspek-aspek apa saja yang semestinya dipenuhi dalam komunikasi matematika tersebut.

Banyak yang telah merumuskan aspek-aspek yang mesti ada dalam berkomunikasi matematika, atau aspek apa saja yang dapat kita gunakan untuk menilai baik tidaknya kemampuan komunikasi matematika seorang siswa.

Salah satunya, diutarakan oleh Rafael A. Olivares dalam buku Communication in Mathematics, K-12 and Beyond (1996, diterbitkan oleh NCTM). Dalam subjudul Communication in Mathematics for Students with Limited English Proficiency, atau semacam kelas bilingual, Rafael menggambarkan bagan kemampuan komunikasi matematika. Dia menjelaskan bahwa menurut Carolyn Kessler dalam Linking Mathematics and Second Language Teaching, ada empat kemampuan yang dibutuhkan dalam komunikasi matematika, yaitu grammatical competence (kemampuan tata bahasa), discourse competence (kemampuan diskusi), sociolinguistic competence (kemampuan sosiolinguistik), dan strategic competence (kemampuan strategis). Penjabaran dari keempat kemampuan tersebut di buku itu lebih ditekankan pada penerapannya dalam kelas bilingual. Namun, tak menutup kemungkinan untuk diadopsi pula di kelas biasa, dengan beberapa penyesuaian.

Sementara hanya ini dulu yg bisa saya bagi mengenai komunikasi matematika, tulisan selanjutnya akan segera menyusul.

17 komentar:

  1. Yang terpikir kalau mendengar komunikasi matematika itu, adalah komunikasi dengan bahasa notasi matematika :)

    BalasHapus
  2. @pak arif:
    hehe... iya pak, cara gampangnya seperti itu. Kalo Rafael A Olivares menggolongkan "kemampuan menggunakan simbol, notasi atau istilah matematika secara tepat" ke dalam grammatikal competence.
    Tetapi pada dasarnya berkomunikasi matematika tak hanya bisa dilakukan dg bahasa notasi, namun bisa juga dg gambar/grafik, kata-kata biasa, dsb, asalkan ide yg diungkap adalah ide matematika.
    ^___^

    terima kasih telah berkunjung pak Arif..

    BalasHapus
  3. Hm, bukannya matematika itu ilmu dasar ya? Dan banyak ilmu-ilmu turunannya? Apakah komunikasi ilmu-ilmu turunan yg melibatkan matematika termasuk dari komunikasi matematika?

    BalasHapus
  4. @pak arif:
    iya ya Pak? matematika memang bisa dibilang merupakan sarana bagi pengembangan ilmu-ilmu lainnya.
    Dan kalau saya lihat, di sinilah letak pentingnya kemampuan komunikasi matematika pak, karena hampir dalam setiap disiplin ilmu ada peran matematika. Sehingga komunikasi ilmu-ilmu lain yg melibatkan matematika, otomatis juga akan melibatkan komunikasi matematika, terlihat jelas misalnya di Fisika, kimia, dalam setiap analisis penelitian kuantitatif berbagai disiplin ilmu, dsb.
    Jadi, kemampuan komunikasi matematika sangat menunjang kemampuan komunikasi ilmu-ilmu lain, terutama yg melibatkan matematika.
    ^___^

    BalasHapus
  5. mbak blh minta referensi jdul2 buku y ngebahas komunikasi matematika dunk? penting bangrt :)

    BalasHapus
  6. @riani: ^___^
    buku2 ttg komunikasi matematika yg sy tahu baru ini:
    - "Communication in Mathematics, K-12 and Beyond", karya Portia C. Elliot. (1996), diterbitkan oleh NCTM.

    - "Introduction to Communication" (2007) karya Susan O'Connell, penerbit: Heinemann.

    - "Now I Get It" (2005). pengarang: Susan O'Connell. penerbit: Heinemann.

    - Writing mathematically: the discourse of investigation Oleh Candia Morgan --> http://bit.ly/aSqCWN

    selebihnya nyari artikel2 n jurnal d internet, :)

    BalasHapus
  7. assalamu'alaikum. mba boleh tau dmana bukunya y???

    BalasHapus
  8. Ass... mba boleh nggak bukunya dari mana ya??soalnya saya nyari agak susah..

    BalasHapus
  9. buku2 yg saya sebutkan di atas pernah saya pinjam di perpustakaan jurdik matematika UNY, :-)

    BalasHapus
  10. ass mbak,,
    thanks for yuor information,
    it's very important for me..

    mbak,, mohon masukannya,,
    apa tepatnya judul yg bgus mengenai komunikasi y mbak?
    ap qt harus mengaitkannya dngn strategi pembelajaran???
    mksh sblmnya mbak..

    BalasHapus
  11. saya mau tanya buku komunikasi matematika itu pengarangnya siapa nya?terima kasih

    BalasHapus
  12. asslm..,
    saya lagi mencari referensi buku tentang komunikasi matematika untuk skripsi.
    kalau ibu berkenan, sekiranya ibu berbagi informasi tentang buku-buku atau referensi lain yang dapat saya jadikan acuan.
    sebelumnya terima kasih.

    BalasHapus
  13. ma'af mau tanya, referensinya apa tidak ada yang dari Indonesia saja ya??? hehehehe

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum,
    saya mau tanya kalau untuk kemampuan komunikasi matematika, rubrik penilaian yang tepat seperti apa mbak?? tolong kasih link refer ...
    terimakasih

    BalasHapus
  15. assalamu'alaikum mba , mba maaf mau nanya .. ada ga yang referensi bukunya tahun 2010 keatas ?
    penting banget buat ngerjain tugas .. mkasi mba sebelumnya 😊

    BalasHapus
  16. assalamu'alaikum mba , mba maaf mau nanya .. ada ga yang referensi bukunya tahun 2010 keatas ?
    penting banget buat ngerjain tugas .. mkasi mba sebelumnya 😊

    BalasHapus
  17. baru terbaca nh...coba sj cr di scholargoogle..

    BalasHapus