12 Februari 2011

untitled

"So Far Away", satu lagu yg mengesankanku hari ini, meski aku belum tahu siapa penyanyinya. Pasalnya, frase "birokrasi hati" yang ada di lirik lagu ini baru kudengar untuk pertama kalinya (Hehe, telat kalii). Dan mungkin memang benar, birokrasi hati kadang terlalu berbelit.

Yah, itulah tentang birokrasi hati, meski aku juga tak terlalu paham apa yg sebenarnya dimaksud dg birokrasi hati oleh pencipta lagu itu.
Kadang ada hal yg tiba2 menyita perhatian meski sebelumnya tak pernah diduga hal tersebut akan mnjadi hal yg diperhatikan secara khusus. Hal yg tak terduga, seperti angsa hitam/black swan, bagiku saja tentunya.

Ada ungkapan yg pernah terkenal di abad ke-16, "a good person is as rare as a black swan". Ungkapan tsb, kala itu, umum digunakan untuk menggambarkan impossibility, kemustahilan. Sebab, saat itu ada semacam anggapan bahwa semua angsa berwarna putih. Sampai akhirnya terkuaknya keberadaan benua Australia meruntuhkan anggapan itu. Pasalnya di benua itu terdapat angsa berwarna hitam (black swan).

Inilah hal yg mengantarkanku mengenal nama Nassim Nicholas Taleb, seseorang yg mengembangkan The Black Swan Theory, atau teori tentang peristiwa angsa hitam.
Taleb memberikan tiga hal yg berkaitan dg angsa hitam atau black swan ini, yaitu rarity, extreme impact, dan retrospective predictability. Atau, peristiwa2 yg tergolong ke dalam "angsa hitam" adalah peristiwa2 yg tak terduga, dampaknya masif, dan setelah kejadian baru dilakukan rasionalisasi, pembenaran dg penjelasan retrospektif.

Tapi sepertinya di dunia ini terlalu banyak angsa hitam berkeliaran. Mungkin ada hal yang selalu bisa diprediksi, tetapi itu hanya prediksi, selalu ada kemungkinan akan adanya variabel baru di luar dugaan yg tiba2 menyusup dan memorakporandakan prediksi tsb.

Tak apalah, toh prediksi memang sepantasnya hanya diperlakukan sebagai hal yg "mungkin" terjadi, setidaknya bagiku. :-)

Setelah terkesan dg "birokrasi hati"-nya So Far Away, lalu beralih ke frase "bernafas untukmu"-nya Cobalah Mengerti. Hehe, nggak nyambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar